Kumpulang KutTwit tentang #PersonalBranding by Jonru mengenai Apa itu Personal Branding? bagaimana pengaruhnya dalam hal diri kita? dan bagaimana cara membangunnya?
- #PersonalBranding adl persepsi orang2 ttg kita, sbg akibat dari cara kita bersikap, berkata, bertindak dst di depan publik.
- Contoh: Orang yg sering marah-marah akan disebut pemarah. Itulah #PersonalBranding dia 🙂
- Agatha Christie dikenal sbg penulis cerita2 misteri, karena dia konsisten dlm menulis cerita2 spt itu. #PersonalBranding
- Intinya apapun yg sering kita lakukan, ucapkan, sikapi, dst secara konsisten, itu akan jadi #PersonalBranding kita.
- Menulis pun sama. Kalau Anda cuma dikenal sbg PENULIS, tak lebih tak kurang, Anda blm punya #PersonalBranding yg kuat.
- Dlm konteks #PersonalBranding, ada 2 jenis penulis: (1) Yg peduli pd #PersonalBranding, (2) Yg tak peduli.
- Penulis yg peduli pada #PersonalBranding adalah mereka yg fokus menulis dengan tema tertentu saja.
- Penulis yg tidak peduli #PersonalBranding = yg menulis tema apa saja, yang penting menulis dan ada “hasilnya”.
- Bagusan penulis yg peduli #PersonalBranding atau yg tidak?” | “Ini BUKAN soal bagus atau tdk, tapi soal #pilihan.
- Contoh penulis yg peduli #PersonalBranding: @radityadika @adhityamulya, Fauzil Adhim, Hernowo, Andrea Hirata, Habiburrahman El Shirazy .
- Penulis dgn #PersonalBranding yg kuat biasanya lebih mudah utk terkenal. Karya2nya selalu dinanti.
jonru Jonru SekolahMenulis - Penulis yg TAK peduli #PersonalBranding biasanya menulis tema apa saja. Jarang di antara mereka yg terkenal.
- Tapi penulis yg tak peduli #PersonalBranding bisa lebih cepat kaya, krn mereka menerima semua tawaran menulis, apapun temanya.
- Banyak penulis yg sudah terbitkan puluhan/ratusan buku, tapi tak terkenal, krn #PersonalBranding mereka tidak kuat.
- Tapi bukan berarti penulis yg peduli #PersonalBranding tak bisa kaya. Banyak yg tetap bisa kaya kok 🙂
- Contoh: @radityadika, Kang Abik, Fauzil Adhim, Andrea Hirata. Mereka peduli #PersonalBranding dan terbukti bisa kaya 🙂
- BEDANYA: Penulis yg TAK peduli #PersonalBranding biasanya sumber rezekinya (dr penulisan) terbatas pd honor tulisan.
- BEDANYA: Penulis yg peduli #PersonalBranding bisa dpt rezeki dr sumber2 NONpenulisan yg masih berkaitan dgn branding dia.
- Krn #PersonalBranding kuat sbg penulis buku2 parenting, Fauzil Adhim sering ngisi seminar dgn tema spt itu n kelola majalah parenting.
- Krn #PersonalBranding nya kuat sbg penulis komedi, @radityadika jadi pemimpin penerbit buku2 komedi: @bukune 🙂
- Anda mau jadi penulis dgn #PersonalBranding yg kuat, atau tak peduli soal itu, terserah. Ini soal #PilihanHidup
- Penulis dgn #PersonalBranding kuat = mudah terkenal. Penulis yg tak peduli #PersonalBranding = mudah kaya. Walau tak selamanya
- Tentu paling asyik jadi penulis terkenal sekaligus kaya, walau itu BUKAN tujuan utama dlm menulis #PersonalBranding
- Spt kata @helvy: “Uang & popularitas = efek samping dr kerja keras.” Pembahasan #PersonalBranding baiknya dipahami dlm konteks ini.
- Bagi Anda yg mau jadi penulis dgn #PersonalBranding kuat, mari bahas CARANYA. Yg tak peduli, #kultwit ini cuekin aja ya 😀
- Konsisten & fokus menulis dgn tema tertentu adalah kiat paling utama utk menjadi penulis dgn #PersonalBranding yg kuat.
- Tekuni hal2 yg paling Anda kuasai, sukai & minati. Sebab itu nanti bisa menjadi pembangun #PersonalBranding Anda.
- Bila Anda baru MULAI menulis, belum fokus pun tak apa2. Semua penulis yg #PersonalBranding nya kuat pun awalnya spt itu.
- Intinya jalani aja dulu. Tulislah apa saja. Nanti lama2 akan fokus scr alamiah, dan Anda bisa menemukan #PersonalBranding tsb.
- Saya misalnya. Mulai peduli #PersonalBranding sejak 2007, padahal saya serius menulis sejak tahun 1990 😀
- Intinya jangan soal #PersonalBranding bikin Anda bingung n tak berani nulis. Langsung saja menulis, ikuti kata hati & passion Anda.
- . @adhityamulya membangun #PersonalBranding sbg “suamigila” dan semua cover bukunya berwarna kuning.
- @radityadika membangun #PersonalBranding sbg “pelajar bodoh”, kocak, semua judul bukunya pakai nama hewan.
- Fauzil Adhim membangun #PersonalBranding sbg penulis buku2 parenting, Hernowo membangun #PersonalBranding sbg “Bapak Mengikat Makna”
- Selain lewat tulisan, #PersonalBranding juga bisa dibangun lewat aktivitas kita di internet (blog, FB, Twitter, milis, dst).
- Contoh: Kalau Anda mau bangun #PersonalBranding sbg penulis buku2 fotografi, coba rajin update status FB ttg kiat2 memotret dst.
- Kiat yg lebih kurang sama bisa dipakai di milis, Twitter, blog, dst. Intinya, di manapun tetap konsisten pd #PersonalBranding
- Dgn #PersonalBranding yg kuat, masyarakat SELALU mengasosiasikan kita dgn hal tertentu. Misal: Andrea Hirata identik dgn Laskar
- Oke teman2, sekian dulu #kultwit ttg pentingnya #PersonalBranding bagi penulis. Lebih kurangnya mohon maaf dan moga bermanfaat.
- SEKALI LAGI: Anda bebas menentukan: Mau serius bangun #PersonalBranding atau jadi penulis generalis. Pilihan di tangan Anda.
- Mau bangun #PersonalBranding atau jadi penulis generalis, masing2 punya nilai (+) dan (-). Tadi sudah saya jelaskan 🙂
- Penulis dgn #PersonalBranding yg kuat biasanya cuma butuh menerbitkan 1 s/d 4 buku utk bikin dia terkenal dan/atau kaya.
- Penulis yg TAK peduli #PersonalBranding biasanya hrs menerbitkan puluhan atau ratusan buku agar dia kaya, tapi belum tentu terkenal.
sumber : http://twitter.com/jonru